INFO24.ID – Suzuki RGR 150 dikenal sebagai salah satu motor sport 2-tak legendaris yang meramaikan jalanan Indonesia pada awal 1990-an. Namun, jauh sebelum itu tepatnya pada 1982, Suzuki lebih dulu meluncurkan pendahulunya di Jepang dengan nama RG50.
Kalau dibandingkan motor sport zaman sekarang, tampilan Suzuki RG50 memang berbeda. Fairing-nya masih terpisah antara cover mesin dan setang, tidak menyatu rapat dari depan hingga samping seperti sportbike modern.
Sesuai namanya, motor ini cuma dibekali mesin mungil 49 cc, satu silinder 2-tak dengan pendingin udara. Tenaga yang dihasilkan mencapai 7,1 dk di 9.000 rpm dengan torsi 5,6 Nm pada 8.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan lewat transmisi 6 percepatan.
Mengutip Bikebros.co.jp, kehadiran Suzuki RG50 tak lepas dari tren balap liar yang digandrungi anak muda Jepang pada era 1980-an. Karena itu desain joknya dibuat single seater dengan buntut ala motor balap supaya terlihat makin sporty.
Untuk kaki-kaki, RG50 sudah memakai pelek racing dengan rem cakram di depan dan tromol di belakang. Suspensinya mengandalkan teleskopik di depan dan monoshock di belakang.
Dimensinya terbilang ramping, yakni panjang 1.880 mm, lebar 650 mm, tinggi 1.030 mm. Bobotnya ringan di angka 83 kg dengan tangki berkapasitas 11 liter.
Menariknya, Suzuki RG50 punya masa produksi cukup panjang, yakni dari 1982 hingga 1995 dengan sejumlah pembaruan. Jadi meski mesinnya kecil, tampilannya tetap terkesan gahar dan jadi salah satu pionir sebelum lahirnya Suzuki RGR 150 di Indonesia.