Baru dan Menghibur !

Ega Robot Sukses Pentas di Selaawi Bamboo Festival 2021

2 min read

MUSIC, INFO24.ID – Seorang Musisi Music tradisional Sunda, Ega Robot, melansir single album “Ceuk Saha”, di studionya, di Cibejon, Desa Girimekar, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Sabtu, 11 Januari 2020 kini namanya terus naik atas kiprahnya yang ia lakukan di blantika music indonesia.

Walaupun dengan komposisi musik berbasis reggae, lagu berbahasa Sunda ini masih dipadati paduan instrumen tradisional.

Selain diramaikan drum, bas, gitar, serta kibor, lagu “Ceuk Saha” ini juga memberi banyak ruang bagi teknik tinggi permainan bonang, saron, kacapi, kendang, hingga suling.

“Saya tidak mau kacapi atau alat Sunda harus mengikuti estetika alat musik modern, alat barat harus mengikuti keistimewaan instrumen etnik yang ada,” ujar pemilik nama Ega Cahyar Mulyana itu, seusai rilis single “Ceuk Saha”.

Liriknya yang sarat akan satire, menyentuh suasana hati urang Sunda, khususnya generasi muda. Pesan lagu ini mengangkat kembali keraguan eksistensi budaya Sunda di tengah gelombang pengaruh budaya modern.

Di sisi lain, lagu ini juga menekankan pentingnya mental orang Sunda dalam menjawab keraguan dengan menggugah peran dari masing-masing diri.

Lagu”Ceuk Saha” menggerakkan energi personal Sunda agar lebih percaya diri, yakin jika budaya Sunda bisa menjadi bagian asyik perjalanan hidup hingga masa mendatang.

“Karya yang dibawakan adalah jawaban dari keresahan, kegelisahan kita urang Sunda yang melihat anak muda sulit melirik budaya sendiri, karena selalu konstan. Ini bentuk upaya saya di tengah musisi lainnya, yang ingin mengangkat budaya agar budaya lebih digandrungi oleh berbagai segmen,” tutur Ega.

Bahkan dalam acara Selaawi Bamboo Festival 2021 yang di motori Management Sadis sebagai Event Organizer dalam rangkaian Acara Milangkala Kecmatan Selaawi, EGA mampu membius semua penonton yang hadir dan berhasil memecahkan suasana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *