Baru dan Menghibur !

Meminta Doa Meminta Kesembuhan Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah

2 min read

ISLAMI, INFO24.ID – Saat mendengar kabar bahwa ada keluarga ataupun kerabat muslim yang tengah sakit, maka kita sangatlah disunnahkan untuk menjenguk orang tersebut dan turut memberikannya doa agar lekas diberi kesembuhan oleh Allah SWT.

Prakteknya sendiri, umat muslim sudah dapat mengucapkan kalimat doa dengan kalimat-kalimat positif yang dapat memotivasi orang sakit agar kembali semangat untuk sembuh.

Selain itu mengucapkan doa dengan kalimat sehari-hari, agar semakin afdhol dan berkah, maka umat muslim juga bisa pula mengikuti amalan sunnah Rasulullah dengan membaca doa meminta kesembuhan untuk orang sakit dengan lafadz berikut ini, sebagaimana dikutip dari Hadist Shahih Bukhari, Hussein Bahreisy (1980:334):

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya, “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.” (HR. Bukhari)

Doa Meminta Kesembuhan ini untuk Orang Sakit Berdasarkan Sunnah Rasulullah

Seperti yang kita tahu bahwa, dalam ajaran islam sendiri rasa sakit yang dialami oleh seorang muslim kerap kali dianggap sebagai bentuk pengurangan dosa dari diri manusia. Oleh sebab itu, ketika tertimpa sakit, maka kita dianjurkan untuk bersabar dan berserah diri kepada Allah serta berharap bahwasanya sakit tersebut kelak dapat menghapuskan dosa-dosa kita.

Maka kita juga bisa memohon pengampunan Allah SWT atas sakit yang dialami umat muslim dengan membaca doa berikut ini:
شَفَكَ اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya, “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Tidak hanya berperan untuk mendatangkan rahmat dari Allah, memberikan doa kesembuhan untuk orang sakit bermanfaat untuk memberikan dorongan semangat bagi orang sakit tersebut agar tidak terus menerus bersedih dan meratapi kesakitannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *