INFO24.ID

Baru dan Menghibur

Dana Desa Tidak Hanya Digunakan Untuk Pembangunan Infrastruktur, Tetapi Juga Untuk Memberdayakan Masyarakat

2 min read

Info24.id, Garut – Permendagri 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun anggaran 2020. Dana desa tidak hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur, tetapi juga untuk memberdayakan masyarakat. Atas dasar hal tersebut maka Kegiatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dapat dibiayai menggunakan dana desa, artinya Pemerintah desa bisa mengalokasikan anggaran dana desa untuk mendukung peningkatan Kinerja PKK di masing-masing desa.

Hal ini merupakan salah satu Point paparan Herna Sunarya, SIP selaku Kasi Pengelolaan Keuangan Dan Aset Desa DPMD Kabupaten Garut Dalam Acara Rapat Kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Garut yang diikuti oleh para ketua TP. PKK Seluruh kecamatan se-Kabupaten Garut Pada Hari Jumat 17 Januari 2020 yang lalu di Aula TP. PKK Kabupaten Garut, dengan tema “Keuangan desa yang berhubungan dengan PKK”

Menurutnya, saat ini dana operasional kegiatan PKK di desa yang utama bersumber dari dana Alokasi Dana Desa (ADD) dalam slot anggaran kelembagaan desa, selain itu dapat juga dialokasikan dari Dana Desa (DD). Karena hal ini sudah sepantasnya menjadi salah satu prioritas utama bagi seluruh desa di Kabupaten Garut, mengingat pada tahun tahun anggaran sebelumnya pemerintah desa di Kabupaten Garut porsi priotitas penggunaan Dana Desa bidang pembangunan masih relatif mendominasi apabila dibandingkan dengan pemberdayaan.

Padahal kita maklumi bersama bahwa Arah Kebijakan Umum Program Dana Desa yakni penciptaan lapangan kerja baru, peningkatan ekonomi masyarakat dan Peningkatan kesejahteraan masyarakat, Di samping itu menurutnya tim PKK desa harus bisa menangkap peluang serta kesempatan dari nilai anggaran yang dialokasikan ke desa, untuk bidang pemberdayaan melalui pengembangan berbagai program dan kegiatan.

“Caranya tim Penggarak PKK harus pro aktif mengawal Program maupun kegiatan yang menjadi kebutuhannya sejak musrenbang desa, lalu laksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku, tegasnya.

Sementara itu narasumber lain yang juga berasal dari DPMD Kabupaten Garut yakni Drs. Hanurawanto selaku Kasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa lebih menitikberatkan fokus bahasan pada usaha ekonomi yang dilakukan oleh PKK dalam kontek sinergitas nya dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dimana melalui penyertaan modal ke Bumdes, PKK di tingkat desa bisa mendapatkan modal usaha serta menjadi salah satu unit usaha di bawah pengawasan Badan Usaha MilIk Desa.

Pada kesempatan itu Pula hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Garut ibu Wakil Bupati Garut yang di dampingi oleh ibu sekretaris Daerah Kabupaten Garut selaku Wakil.Ketua I TP PKK Kabupaten Garut.

Dalam arahannya beliau berpesan agar seluruh TP PKK mulai tingkat Kabupaten, tingkat Kecamatan hingga Tingkat Desa agar senantiasa menjaga soliditas dan integritas dalam rangka mewujudkan kinerja PKK di Kabupaten Garut yang lebih baik di masa mendatang.

Kontributor: DPMD Garut

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *